SPS Mutiara Hati Karangmalang dan Pos PAUD Kartini Gowok Juarai Rangkaian Lomba PAUD Berprestasi Kecamatan Depok

Berita Kalurahan Caturtunggal
img
img
admin 17 Februari 2019

SPS Mutiara Hati Karangmalang dan Pos PAUD Kartini Gowok Juarai Rangkaian Lomba PAUD Berprestasi Kecamatan Depok

Himpaudi Kecamatan Depok dalam rangka seleksi bibit terbaik untuk berkompetisi di lingkup Kabupaten menyelenggarakan rangkaian Lomba Pendidik dan Kepala Lembaga PAUD berprsetasi yang terbagi dalam 6 (enam) kategori. Secara garis besar dibagi dalam kategori pendidik dan kepala lembaga. Kategori pendidik meliputi pendidk KB, pendidik TPA, pendidik Satuan PAUD Sejenis (SPS). Serta untuk kategori kepala lembaga meliputi kategori kepala lembaga KB, kepala lembaga TPA, dan kepala lembaga SPS. Rangkaian penilaian terdiri dari beberapa tahap dan parameter. Tahap pertama dilakukan test tertulis, dilanjutkan wawancara dan presentasi naskah karya nyata. Wawancara (pendidik) dilakukan untuk menilai kemampuan Pedagogik, kemampuan kepribadian dan sosial, kemampuan penguasaan IT, prsentasi karya nyata. Wawancara kepala lembaga lebih mengarah pada kemampuan manajerial, kemampuan kewirausahaan dan supervisi, kemampuan kepribadian sosial, presentasi karya nyata.

Pada rangkaian proses penilaian tersebut, pada kategori lomba kepala lembaga berprestasi se-Kecamatan Depok, SPS Mutiara Hati Karangmalang, atas nama Riyani Hadiningsih meraih juara satu (kategori SPS), dan berhak untuk mewakili Kecamatan Depok berkompetisi di lomba kepala lembaga berprestasi lingkup Kabupaten Sleman. Sedang untuk lomba pendidik berprestasi se-Kecamatan Depok kategori SPS, Puji Kusumawardani dari Pos PAUD Kartini Gowok meraih juara 3 (tiga).

Bunda PAUD Desa Caturtunggal, Tyas Kumaratna, menyampaikan 
bahwa kunci keberhasilan SPS Mutiara Hati Karangmalang dan Pos PAUD Kartini Gowok adalah ketulusan dari para seluruh pendidik PAUD serta dukungan dari Pemerintah Desa Caturtunggal dalam rangka memberikan fasilitas maupun pelayanan pendidikan terbaik untuk pendidikan anak usia dini. Ia juga menyampaikan bahwa TK Kusuma Nologaten berhasil neraih juara 3 (tiga) lomba angklung cilik Indonesia klasemen pemula. Lomba ini rutin diadakan tiap tahun yang dikemas sebagai ajang kompetisi antar lembaga TK se-DIY. Di TK Kusuma Nologaten, tahun ajaran 2018-2019 ini untuk pertama kalinya diadakan ekstrakulikuler angklung dan pertama ikut lomba. Menjadi awal yang baik bisa meraih juara 3 (tiga). 

Lebih lanjut, Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, menyampaikan apresiasi terhadap para pendidik maupun kepala lembaga TK/PAUD yang telah memenangkan beberapa lomba tersebut. Harapannya hal tersebut menjadi stimulan untuk meningkatkan prestasi yang lebih baik sebagai pendidik maupun kepala lembaga TK/PAUD untuk dapat memberikan pola pengajaran terbaik untuk pendidikan anak uisa dini.  Menjadi pengajar dan pengelola di kelompok belajar ataupun Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) kerap dituntut memiliki ide kreatif.

Agus Santoso, S.Psi, juga menyampaikan melalui pembangunan non fisik juga merupakan bukti dukungan kongkret Pemerintah Desa Caturtunggal terhadap pendidikan anak usia dini. 

"Saya kira ini pemacu untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak kita semua, dan ini keberhasilan semua pihak. Dan keseriusan bersama dalam menuntaskan TK/PAUD dan pendidikan masyarakat,” ungkap Agus Santoso.