Kepala Desa Caturtunggal Beserta Perangkat dan Lembaga Adakan Safari Tarawih Keliling di Padukuhan Ambarrukmo

Berita Desa Caturtunggal
img
img
admin 24 Mei 2019

Kepala Desa Caturtunggal Beserta Perangkat dan Lembaga Adakan Safari Tarawih Keliling di Padukuhan Ambarrukmo

Caturtunggal.id- Kepala Desa Caturtunggal beserta Perangkat dan Lembaga, lakukan safari tarawih keliling yang bertempat di Al-Khoir Kalimosodo Padukuhan Ambarukmo, Jum'at malam (24/05).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, Ketua BPD Desa Caturtunggal, Ketua TP-PKK, Ketua LPMD, Ketua BKM, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Caturtungggal, Dukuh se-Desa Caturtunggal, Tokoh Masyarakat Padukuhan Ambarukmo, serta seluruh jamaah Masjid Al-Khoir Kalimosodo Ambarukmo.

Rangkaian acara diawali dengan jamaah shalat isya dilanjutkan shalat tarawih dan witir sebanyak 11 rakaat. Dalam sambutan setelah selesai shalat isya dan tarawih diadakan pengarahan dari Kepala Desa Caturtunggal dilanjutkan dengan dialog dengan jamaah. Ketua Takmir Masjid Al-Khoir Kalimosodo, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Desa Caturtunggal atas kegiatan safari tarawih keliling yang telah dilaksanakan. Menurutnya kegiatan ini sebagai sarana ibadah dan juga silaturahmi antara Pemerintah Desa dengan masyarakat, khususnya jamaah Masjid Al-Khoir Kalimosodo. Di bulan yang baik ini, diharapkan menjadi semangat untuk terus berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Lebih lanjut disampaikan mengenai sejarah dan program kegiatan dari Masjid Al-Khoir Kalimosodo Ambarukmo.

Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, menyampaikan bahwa rangkaian program safari tarawih keliling ini merupakan sisipan kegiatan dari program Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGR) tahun 2019. Dengan mengambil momentum tarawih keliling tersebut diharapkan dapat memaksimalkan semua program yang telah dirancang Pemerintah Desa, termasuk dalam kepanitiaan BBGR. Agus Santoso lebih lanjut mengapreasisasi program yang telah dilakukan oleh takmir Masjid Al-Khoir Kalimosodo. Menurutnya, banyak program yang bersifat sosial dan pendidikan yang inonatif. Misalnya gerakan subuh berjamaah diikuti dengan ramah tamah yang dihadiri oleh ratusan jamaah. Pusat pelayanan pendididikan anak usia dini dan juga tempat penitipan anak menjadi inovasi dalam pengembangan program Masjid Kalimosodo.  

Agus Santoso, S.Psi, juga menyampaikan pesan akan keamanan lingkungan selama Bulan Ramadhan dimana pada bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri ternyata jumlah jamaah yang memakmurkan Masjid menjadi kesempatan pelaku kejahatan untuk memanfaatkan longgarnya pengawasan di lingkungan rumah. Sehingga masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan mengantisipasi dengan memeriksa kondisi rumah sebelum ditinggalkan ke Masjid. 


Pada kesempatan ini juga disampaikan bantuan beasiswa dari Kepala Desa Caturtunggal kepada sepuluh anak yang berprestasi dari Padukuhan Ambarukmo, Gowok, Janti, Papringan, dan Nologaten. Bantuan beasiswa berupa uang tunai dan sarana penunjang belajar. Selain itu juga disampaikan bantuan kegiatan Ramadhan untuk Masjid Al-Khoir Kalimosodo Ambarukmo. 

Acara ditutup dengan kultum yang disampaikan Ustadz Sigit. Dalam ceramahnya dipaparkan mengenai peran masjid sebagai basis kegiatan sosial kemasyarakatan umat. Masjid seyogyanya bukan hanya berfungsi sebagai tempat ritual peribadatan saja, namun juga harus dimaknai sebagai sarana untuk menggerakkan program sosial kemasyarakatan. Ibadah yang dimaknai dengan keselarasan hubungan dengan ALLAH dan juga hubungan baik kepada sesama umat manusia. Menurutnya kegiatan safari tarawih keliling dari Pemerintah Desa Caturtunggal ini merupakan salah satu bentuk pengejawantahan peran masjid sebagai basis kegiatan sosial kemasyakatan. Ia menambahkan kegiatan safari tarawih ini, selain untuk beribadah dengan shalat tapi juga merupakan pembinaan kepada anak-anak sekolah dengan beasiswa, pembinaan kepada takmir dan pengasuh TPA dengan tali asih. Hal ini menunjukkan perhatian melalui materiil dan moriil kepada masyarakat, khususnya takmir serta jamaah Masjid Al-Khoir Kalimosodo.    

Harapannya dengan puasa ramadhan dan kegiatan tarawih keliling ini selain menjadi wasilah untuk meraih amalan menghidupkan malam di Bulan Ramadhan, juga semoga menjadi sarana mendapatkan fadillah silaturahmi sehingga menjadikan kita semua insan yang bertaqwa dan bermanfaat bagi sesama manusia.


Salam Caturtunggal.. LIMA JADI SATU, MAJU !!