Pemerintah Desa Caturtunggal Adakan Pelatihan Pengolahan Silase Pakan Ternak Di Padukuhan Janti

Berita Kalurahan Caturtunggal
img
img
admin 18 Juli 2019

Pemerintah Desa Caturtunggal Adakan Pelatihan Pengolahan Silase Pakan Ternak Di Padukuhan Janti

Caturtunggal.id- Pemerintah Desa Caturtunggal bersama PPL Kecamatan Depok menyelenggarakan pelatihan pengolahan silase pakan ternak di Padukuhan Janti, Kamis siang (18/07). Kegiatan yang bertempat di rumah Dukuh Janti tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Caturtunggal melalui Kasi Kesejahteraan Desa Caturtunggal, Dukuh Janti, PPL Kecamatan Depok, serta diikuti oleh kelompok tani ternak Ngudi Asil Janti dengan jumlah peserta 50 orang.

Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan pelatihan pengolahan pakan ternak ini untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pemanfaatan pakan lokal yang ada untuk meningkatkan produktivitas hasil ternak sapi. Ia juga menyampaikan tentang pentingnya kelompok ternak dan edukasi untuk peternak secara berkelanjutan. 

Bersama dengan pendampingan narasumber dari PPL Kecamatan Depok, IBu Darsini, SP, Fitri Isnaini, S.Pt, dan Saiful Hadi, SP, M.Ling,. kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dari Pemerintah Desa untuk memberdayakan para petani ternak yang ada di wilayah Desa Caturtunggal. Pelatihan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama untuk materi teknologi pengolahan pakan ternak dan sesi kedua untuk praktek pembuatan pakan ternak dengan sentuhan teknologi.

Saiful Hadi, SP, M.Ling, dalam pemamarannya menjelaskan mengenai pakan silase yang merupakan fermentasi pakan ternak yang bertujuan untuk mengawetkan hijauannya disaat ketersediaannya masih dapat diperoleh pada musim hujan. Kegiatan ini sebagai jawaban dari keluhan peternak dalam mencari pakan hijauan segar di musim kemarau. Pada kesempatan ini dijelaskan tahapan secara teori dan praktek pengolahan pakan ternak dimulai dari persiapan bahan, penjelasan kegunaan tiap bahan, prinsip pembuatan, cara pengolahan, manfaat pengolahan, dan tanya jawab.

Pada sesi kedua, Fitri Isnaini, SPt, mendampingi peserta melakukan praktek pengolahan dengan bahan-bahan yang telah disediakan. Praktek dimulai dengan sortir dan pemotongan bahan/jerami, penambahan bio starter, sampai dengan tahapan akhir fermentasi. Para peserta yang hadir dalam kegiatan ini cukup antusias dengan banyaknya pertanyaan saat praktek pengolahan silase pakan ternak.

Dukuh Janti, Heri Sugiyarto, A.Md, menyampaikan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Caturtunggal ini sangat bermanfaat untuk petani ternak untuk mengatasi kekurangan HPT dimusim kemarau/paceklik pakan dan menampung kelebihan HPT pada musim penghujan. Lebih lanjut Ia menyampaikan terimakasih atas pendampingan berkelanjutan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Caturtunggal bersama dengan PPL Kecamatan Depok. Harapannya kesulitan mengenai masalah pakan dapat terselesaikan sehingga dapat meningkatkan produktivitas ternak, khususnya untuk kelompok ternak sapi Ngudi Asil Janti.

Salam Caturtunggal.. LIMA JADI SATU: MAJU !!!