Kepala Desa Caturtunggal Hadiri Silaturahmi dan Pengajian Rutin IPHI Bulan Juli 2019 Di Padukuhan Santren

Berita Kalurahan Caturtunggal
img
img
admin 20 Juli 2019

Kepala Desa Caturtunggal Hadiri Silaturahmi dan Pengajian Rutin IPHI Bulan Juli 2019 Di Padukuhan Santren

Caturtunggal.id- Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) ranting Caturtunggal menyelenggarakan silaturahmi dan pengajian rutin yang dilaksanakan pada Sabtu pagi, 20 Juli 2019, yang bertempat di Masjid Al-Huda Padukuhan Santren Caturtunggal.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, berserta perangkat, Ketua BPD Desa Caturtunggal, Dukuh Santren, Ketua IPHI ranting Caturtunggal, Drs. H. Suyuti Musthofa, M.Pd.I,. Pengurus IPHI ranting serta koordinator, anggota anak ranting, dan jwarga Padukuhan Santren.

Agus Santoso, S.Psi, dalam sambutannya menyampaikan dukungan penuh dari Pemerintah Desa Caturtunggal terhadap kegiatan pengajian rutin IPHI yang sangat bermanfaat untuk mempererat jalinan ukhuwah dan silaturahmi. Selain itu kegiatan ini juga menjadi tempat untuk belajar dan memperdalam ilmu agama. 

Adapun sebagai pembicara Ustadz Mudjiharno, dalam ceramahnya menyampaikan mengenai haji yang mabrur. Dari sisi istilah, haji mabrur adalah haji yang diterima oleh ALLAH SWT, kemudian berdampak pada kebaikan diri, serta bermanfaat bagi orang lain. Mabrur tidak datang tiba-tiba, melainkan harus diusahakan, mulai dari sebelum, saat, dan setelah pelaksanaan ibadah haji.

Kemabruran dapat dilihat dari aktivitas seseorang setelah melaksanakan ibadah haji. Setidaknya terdapat 3 (tiga) indikator, pertama meningkatnya pelaksanaan ibadah secara personal, kedua meningkatnya kualitas hubungan sosial atau horizontal, dan terakhir melahirkan empati terhadap orang lain/solidaritas sosial.

Setelah acara pengajian dilanjutkan dengan pembagian santuan sebanyak 35 paket sembako dari Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, kepada warga Padukuhan Santren yang membutuhkan.

Lebih lanjut, Agus Santoso menegaskan bahwa kegiatan silaturahmi dan pengajian rutin Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) ini merupakan implementasi dalam rangka mengupayakan dan menjaga ke-mabrur-an haji dengan menebar manfaat dan kebaikan kepada semua orang. Pemaknaan mabrur haji bukan hanya dalam segi vertikal ritual saja, namun juga dalam segi horizontal hubungan baik sesama manusia.

Salam Caturtungal.. Lima Jadi Satu.. Maju !!!