Kepala Desa Caturtunggal Kukuhkan Paguyuban Kesenian Jathilan Krido Mudho Wiromo Padukuhan Tempel

Berita Desa Caturtunggal
img
img
admin 18 Agustus 2019

Kepala Desa Caturtunggal Kukuhkan Paguyuban Kesenian Jathilan Krido Mudho Wiromo Padukuhan Tempel

Kesenian jathilan merupakan kesenian rakyat yang digemari masyarakat dan berkembang cukup baik di Sleman terbukti dengan banyaknya grup kesenian jathilan di hampir setiap desa se-Kabupaten Sleman.

Melihat potensi yang cukup besar ini, Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, mengukuhkan Paguyuban kesenian jathilan kreasi baru KRIDO MUDHO WIROMO di Lapangan Mundu Padukuhan Tempel, Minggu siang, 18 Agustus 2019.

Sebagai Desa yang terletak diwilayah trans-sosial dengan pertumbuhan perekonomian yang pesat, potensi nilai-nilai budaya yang ada dan terejawantahkan dalam kesenian harus tetap ada serta lestari.

Kesenian Jatilan Krido Mudho Wiromo adalan Paguyuban Seni Budaya yang ada di Desa Caturtunggal yaitu Padukuhan Tempel dan merupakan Jathilan kerasi baru yang beranggotakan pemuda dan pemudi Padukuhan tersebut. 


Pada kesempatan tersebut KRIDO MUDHO WIROMO menampilkan pertunjukkan dalam tiap babak. Setiap penampil berupaya tampil sebaik mungkin membawakan tarian dengan membawa jaran kepang dengan busana warna warni dan gerakan dinamis. Setiap kelompok diiringi musik gamelan secara langsung. 

Acara pengukuhan ini dihadiri oleh Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, Dukuh Tempel, Kasi Pelayanan, Perangkat dan Lembaga Desa Caturtunggal, serta tokoh masyarakat Padukuhan Tempel.

Pada prosesi pengukuhannnya, Agus Santoso, S.Psi, mendukung sekali adanya potensi budaya yang ada di Desa Caturtunggal dan harus dikembangkan serta dilestarikan. Serta lebih lanjut untuk menjaga kekompakan dan semangat kelompok tersebut sering menggelar pertemuan setiap bulan sekali. Sehingga komitmen awal kelompok selalu disampaikan dan para anggota sepakat.

Harapannya kelompok Kesenian KRIDO MUDHO WIROMO ini, selain untuk melestarikan kesenian kebudayaan Jawa juga dapat menambah khasanah budaya lokal yang ada di Desa Caturtunggal. Kerjasama dengan berbagai pihak terkait seperti Dinas Pariwisata maupun Kebudayaan juga diperlukan untuk membangun jejaring dan dapat lebih memajukan serta memperkaya khasanah kesenian yang ada di Desa Caturtunggal khususnya.

Salam Caturtunggal.. LIMA JADI SATU, MAJU !!