Padukuhan Mrican Caturtunggal Wakili Kecamatan Depok Dalam Lomba Penilaian Siskamling Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2019

Berita Desa Caturtunggal
img
img
admin 14 September 2019

Padukuhan Mrican Caturtunggal Wakili Kecamatan Depok Dalam Lomba Penilaian Siskamling Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2019

Mrican, caturtunggal.id- Bertempat di Pos Kamling RW. 04 Padukuhan Mrican Caturtunggal, berlangsung penilaian lomba siskamling tingkat Kabupaten Sleman, Jumat malam (13/09).

Hadir dalam kegiatan penilaian tersebut, tim evaluasi lomba kamling yang terdiri dari Satpol-PP, Kodim, dan Polres Sleman. Serta Camat Depok, Wadanramil XI Depok, Plh. Kapolsek Depok Barat, Kepala Desa Caturtungggal, Kasi Trantib Kecamatan Depok, Bhabinkamtibmas-Babinsa Desa, Dukuh Mrican beserta ketua RT, RW, dan masyarakat Mrican.

Camat Depok, Abubakar, S.Sos, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim penilai lomba kamling. Ia juga menyampaikan dukungan serta apresiasi terhadap warga Caturtunggal, khususnya Padukuhan Mrican yang telah mengikuti lomba siskamling tingkat Kabupaten Sleman. Harapannya kegiatan ini juga sebagai motivasi untuk selalu meningkatkan kesadaran mewujudkan wilayah yang aman dan tenteram.

Kasat Binmas Polres Sleman, AKP Ani Sulistyorini, menyampaikan bahwa disamping sebagai penilai, kami beserta rombongan juga dapat bersilaturahmi langsung dengan warga sehingga dapat mengetahui perkembangan dan situasi di Padukuhan Mrican. Disampaikan juga bahwa Pos Kamling bukan hanya sekedar bangunan saja, namun juga memiliki fungsi dalam sarana berkumpul, tukar informasi, dan utamanya sebagai pos penjaga keamanan.

Dalam penilaian lomba siskamling ini meliputi adminsitrasi, kelengkapan, kesiap siagaan anggota kamling dalam tanggap bencana, kekompakan, dan system pelaksanaan siskamling.

Dalam pelaksanaan lomba warga begitu antusias. Rangkaian acara sebelum penilaian dan evaluasi lomba siskamling, disajikan simulasi kegiatan pos kamling dalam menjaga keamanan lingkungan yang meliputi patroli dari anggota kamlinhg di wilayah Padukuhan, dan dilanjutkan simulasi adanya pencurian di rumah warga dengan berkoordinasi dengan apparat terkait guna mencegah terjadinya main hakim sendiri serta menjaga tempat kejadian perkara.

Selanjutnya juga diperagakan simulasi terjadi kebakaran. Dengan berkoordinasi dengan tim Satlakar Padukuhan dengan tim Desa, dilakukan penanganan pertama jika terjadi kebakaran. Dengan cekatan tim Satlakar mampu mengoperasikan alat di motor pemadam dengan cepat dan efisien. Desa Caturtunggal sendiri juga telah mempunyai dua unit motor pemadam kebakaran.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Desa Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, menyampaikan bantuan operasional untuk Padukuhan Mrican. Senada dengan Camat Depok, Ia juga berharap dengan kegiatan lomba ini dapat meningkatkan motivasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban bersama.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa Poskamling sebagai tempat interaksi, sosialisasi, dan aksi warga, dalam membangun kesadaran. “Saya sangat mendukung keberadaan poskamling dan dibeberapa Padukuhan juga telah dibentuk jaga warga. Dengan adanya poskamling dan jaga warga diharpakan menjadikan wilayah Caturtunggal semakin kompak, aman dan kondusif”, pungkasnya.

Salam Caturtunggal. LIMA JADI SATU: MAJU !!!