Pemerintah Desa Gelar Pelatihan Kader Posbindu PTM se-Desa Caturtunggal Tahun 2019

Berita Kalurahan Caturtunggal
img
img
admin 16 Oktober 2019

Pemerintah Desa Gelar Pelatihan Kader Posbindu PTM se-Desa Caturtunggal Tahun 2019

Caturtunggal.id, Pelatihan Posbindu atau Pos Pembinaan Terpadu dilaksanakan di Ruang Tumaritis Kantor Desa Caturtunggal, Selasa pagi (15/10). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua TP-PKK Desa Caturtunggal, para kader Posbindu dari masing-masing Pedukuhan, meliputi: Mrican, Manggung, Karangwuni, Kocoran, Ambarukmo, Janti, Ngentak, Tambakbayan, Kledokan, dan Santren.

Kegiatan Posbindu merupakan kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam rangka deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor risiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan. Posbindu bisa dikatakan sebagai kegiatan UKBM, usaha kesehatan bersumber daya masyarakat.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sotyaningtyas Kumalaratna selaku Ketua TP-PKK Desa. Kader diberikan pemahaman tentang bagaimana cara mengisi data anggota Posbindu yang meliputi Pencatatan identitas, nomor register, nama, umur, jenis kelamin, alamat, pola hidup, riwayat keluarga, penyakit yang di derita. Kader Posbindu juga diberikan Praktek tentang  cara pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut dan tekanan darah.

Bertindak sebagai narasumber, dr Patimah Hariyati dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Ummul Khoir dari Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan dr. Evi Nirdiantari dari Rumah Sakit Bhayangkara. Secara garis besar ketiga pemateri tersebut menyampaikan materi mengenai konsep Posbindu, administrasi pelaporan Posbindu, dan PTM (Penyakit Tidak Menular).

Para Kader juga diberikan tentang cara konseling yaitu memberikan edukasi tentang penyakit yang didiagnosa, memberikan edukasi tentang faktor resiko yg ditemukan, memberikan konseling cara-cara pencegahan agar penyakit yang sudah ada agar tidak bertambah buruk, memberikan konseling agar faktor resiko yang ada tidak menimbulkan penyakit, dan merujuk ke Puskesmas. Diharapkan setelah kegiatan ini para kader dapat memberikan kontribusi yang baik dalam kegiatan Posbindu, salah satunya dengan bermitra dengan Puskesmas Depok III.

Acara ditutup oleh Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi. Pada kesempatan tersebut, Agus Santoso juga menyerahkan bantuan stimulan berupa alat cek gula darah. Ia berharap dengan adanya posbindu yang tersebar di hampir seluruh Padukuhan, umumnya lebih kepada meningkatkan kesejahteraan hidup bagi mereka yang sudah berumur, termasuk juga lansia dan lebih di kedepankan terhadap kontrol PTM (Penyakit Tidak Menular). Biasanya dengan adanya kegiatan posbindu di masyarakat maka mereka yang memiliki penyakit diabetes, DM, dll akan dapat terkontrol sehingga derajat hidup mereka akan semakin baik.

Salam Caturtunggal. LIMA JADI SATU: MAJU !!!