Pagelaran Wayang Kulit Ki Anom Sardiono Semarakkan Merti Dusun Saparan Padukuhan Papringan Demangan Baru RW.047 Caturtunggal

Berita Desa Caturtunggal
img
img
admin 19 Oktober 2019

Pagelaran Wayang Kulit Ki Anom Sardiono Semarakkan Merti Dusun Saparan Padukuhan Papringan Demangan Baru RW.047 Caturtunggal

Demangan Baru, caturtunggal.id- Dalam rangka menyemarakkan Merti Dusun Padukuhan Papringan Demangan Baru RW.047 menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Setelah minggu lalu, RW. 047 Demangan Baru juga menyelenggarakan Kirab Budaya dalam rangka Merti Dusun.

Acara wayang kulit tersebut dihelat pada Sabtu malam (19/10), di RW.047 Demangan Baru. Gelaran wayang kulit yang mengangkat lakon Mbangun Puro Kencono dibawakan oleh Ki Anom Sardiono.

Antusiasme masyarakat sangat luar biasa dalam menyaksikan pagelaran ini. Banyak generasi muda yang juga ikut memadati area pertunjukan.

Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi dan berterimakasih kepada seluruh masyarakat Padukuhan Papringan, khusunya RW.047 Demangan Baru atas peran sertanya dalam menyemarakkan kegiatan Merti Dusun. Ia menambahkan, acara ini juga sebagai wujud melestarikan budaya yang sarat akan nilai luhur.

Selain Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso, juga turut hadir perwakilan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, perwakilan dari Bank BPD DIY, DPRD Kabupaten Sleman, Rahayu Widi Nuryani, SH, M.Hum.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan operasional dari Kepala Desa Caturtunggal kepada ketua panitia Merti Dusun Saparan Papringan Demangan Baru RW.047.

Lebih lanjut Agus Santoso menyampaikan pagelaran ini bukan tontonan semata, karena wayang merupakan budaya leluhur yang adi luhung.

“Ini (Pagelaran wayang kulit) bukan hanya sekedar tontonan, tetapi juga tuntunan,” ujarnya.

Salam Caturtunggal, LIMA JADI SATU MAJU !!!