Pemerintah Desa Caturtunggal Adakan Penyuluhan dan Deklarasi Anti Tuberkulosis

Berita Desa Caturtunggal
img
img
admin 22 Oktober 2019

Pemerintah Desa Caturtunggal Adakan Penyuluhan dan Deklarasi Anti Tuberkulosis

Caturtunggal.id- Dalam rangka menuju Desa bebas Tuberkulosis (TB), Pemerintah Desa Caturtunggal gelar penyuluhan dan deklarasi anti Tuberkulosis, Selasa pagi (22/10).

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, beserta perangkat, Ketua TP-PKK Desa beserta kader, Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Perwakilan Puskesmas Depok III, Puskesmas Instansi Pendidik dari Universitas Sanata Dharma, UNY, Atmajaya, SMK N 2 Depok, SMA Kolombo, serta tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan yang digelar di Pendopo Puspadenta Kantor Desa Caturtunggal tersebut merupakan sinergitas kerja sama Pemerintah Desa Caturtunggal dan lembaga-lembaga terkait dalam rangka meminimalisir dampak dari penyakit Tuberkulosis.

Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso mengatakan, kegiatan penyuluhan ini sebagai bentuk perhatian dan tindakan nyata untuk mengatasi bahaya Tuberkulosis.

Adapun tema kegiatan tersebut adalah “Menuju Caturtunggal Bebas Tuberkulosis”.

Bertindak sebagai narasumber, Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, dr. Novita Krisnaeni, MPH; dan Gatot Subroto, AMK, SKM program Tuberkulosis dari Puskesmas Depok III. Selama kegiatan diisi dengan beberapa materi yaitu penyuluhan tentang bahaya Tuberkulosis, penularan, pencegahan, dan pengobatan untuk sehat.

Ia menyampaikan gejala TBc yakni batuk terus menerus dan berdahak selama beberapa minggu, sesak nafas, nyeri dada. Sedangkan gejala sistemik seperti demam, keringat malam, penurunan berat badan, dll. Ia juga menjelaskan pemeriksaan diagnostik maupun pencegahan dengan imunisasi BCG pada anak, hindari kontak udara dengan penderita, dan hindari kebiasaan merokok.

Pada kesempatan tersebut dilakukan deklarasi penandatanganan komitmen anti Tuberkulosis oleh Kepala Desa Caturtunggal, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Puskesmas Depok III, Ketua TP-PKK Desa, dan tokoh masyarakat. Komitmen bersama tersebut meliputi melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, aktif dalam kegiatan TB, temukan TBC obati sampai sembuh, dan meningkatkan kepedulian peran serta untuk mendukung eliminasi TB 2030.

“Saya mengapresiasi kegiatan penyuluhan dan deklarasi ini, karena melalui kegiatan ini para peserta akan memperoleh gambaran, informasi dan pengetahuan serta menambah wawasan tentang bahaya serta deteksi dini penyakit tuberkulosis sehingga menuju Caturtunggal bebas Tuberkulosis,”ujar Agus Santoso.

Salam Caturtunggal.. LIMA JADI SATU: MAJU !!!