Dalam Rangka Peringatan Hari Ibu Tahun 2019 Tim Penggerak PKK Desa Caturtunggal Gelar Pelatihan Protokoler dan Tips Public Speaking

Berita Desa Caturtunggal
img
img
admin 18 Desember 2019

Dalam Rangka Peringatan Hari Ibu Tahun 2019 Tim Penggerak PKK Desa Caturtunggal Gelar Pelatihan Protokoler dan Tips Public Speaking

Caturtunggal.id- Tim Penggerak PKK Desa Caturtunggal menyelenggarakan kegiatan seminar dalam rangka memperingati Hari Ibu Tahun 2019 dengan tajuk pelatihan protokoler dan tips public speaking di Pendopo Puspadenta Kantor Desa Caturtunggal, Rabu pagi (18/12).

Kegiatan pelatihan tersebut dihadiri oleh Penjabat Kepala Desa Caturtunggal, Munadi, S.Sos, Tokoh Masyarakat Desa Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, Kasi Pelayanan Desa Caturtunggal beserta staf, Ketua TP-PKK Desa Caturtunggal beserta kader PKK Padukuhan se-Desa Caturtunggal dan peserta pelatihan yang berjumlah 100 orang.

Selaku narasumber dan pembicara dalam acara pelatihan keprotokoleran dan tips public speaking tersebut oleh Supatmi,S.Pd dari Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Sleman serta Dina Winiyarti, S.M. dari Padukuhan Blimbingsari.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Caturtunggal, Tyas Kumalaratna menyampaikan, kegiatan seminar ini merupakan salah satu upaya belajar bersama menambah wawasan dalam bidang keprotokoleran dan public speaking. Mengingat banyaknya kegiatan formal/resmi yang dilaksanakan Pemerintah Desa baik itu tingkat Desa maupun Padukuhan. Seperti peresmian jalan, Gedung Serbaguna, dll.

Dalam pemaparannya, Supatmi, S.Pd, menyampaikan perlunya keberadaan humas yang memiliki standar kompetensi yang telah ditetapkan untuk membangun citra posistif. Salah satunya adalah fungsi protokoler yang memberikan citra awal instansi kepada khalayak sehingga pengelolaan protokoler harusnya memiliki standar profesionalisme memberikan pelayanan prima baik itu untuk internal maupun eksternal ketikam menyelenggarakan kegiatan formal sermonial.

Lebih lanjut dalam pemaparannya dijelaskan mengenai tata tempat, tata penghormatan, dan tata upacara. Selain itu juga disampaikan mengenai manajemen keprotokoleran, Master of ceremony, Studi kasus acara, dll.

Sementara itu, Dina Winiyarti, S.M. selaku narasumber kedua menyampaikan mengenai tips public speaking. Ia menyampaikan public speaking merupakan seni berbicara didepan khalayak umum.  Secara garis besar, materi yang disampaikan sangat menarik dan penting, dinataranya adalah menumbuhkan rasa percaya diri berbicara didepan umum, serta mengasah dan melatih kemampuan, pengalaman, dan percaya diri. Menurutnya kemampuan mengolah bahasa sebagai upaya menarik perhatian itu merupakan salah satu hal penting.

Selain belajar tentang public speaking, perserta juga belajar mengenai etika, teknik, strategi, dan meningkatkan percaya diri berbicara didepan orang lain.

Munadi, S.Sos, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada TP PKK Desa Caturtunggal yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan keprotokoleran dan public speaking dalam memperingati hari ibu 2019.

Juga disampaikan ucapan terimakasih kepada narasumber yang telah mendukung dan membagi ilmunya pada kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Munadi, Sos, menegaskan kegiatan pelatihan ini merupakan upaya konkret dari Pemerintah Desa Caturtunggal melalui Lembaga PKK untuk memberikan pengetahuan kepada para kader dalam hal keprotokoleran dan public speaking.

Salam Caturtunggal.. Lima Jadi Satu.. Maju !!!