Pemerintah Desa Caturtunggal Adakan Pelatihan Olahan Basah dan Kering Ubi Kayu Di Padukuhan Ngentak

Berita Desa Caturtunggal
img
img
admin 12 Maret 2020

Pemerintah Desa Caturtunggal Adakan Pelatihan Olahan Basah dan Kering Ubi Kayu Di Padukuhan Ngentak

Ngentak, caturtunggal.id- Pemerintah Desa Caturtunggal bersama Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan dan STP AMPTA mengadakan pelatihan pengolahan hasil pertanian tanaman pangan olahan basah dan kering di Padukuhan Ngentak. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 11 - 12 Maret 2020.

Diikuti oleh 25 orang peserta, acara ini dibuka langsung oleh Kasi Kesejahteraan Desa Carturtunggal. Pada hari pertama disampaikan kebijakan pengolahan hasil pertanian tanaman pangan Kabupaten Sleman oleh Ka. Bidang Tanaman Pangan. Selanjutnya dilakukan teori dan praktek pembuatan aneka olahan berbahan kayu dengan pembuatan tepung ubi kayu/mocaff dan olahan berbahan baku tepung ubi kayu oleh praktisi dari STP AMPTA. Serta disampaikan pula mengenai prospek pengembangan olahan berbahan baku ubi kayu di Desa Catrurtunggal.

Pengolahan dan Pemasaran Hasil Olahan Ubi Kayu

Pada hari kedua disampaikan materi mengenai serbaneka kemasan produk olahan oleh Bapak Subagya (praktisi). serta disampaikan kembali teori maupun praktek mengenai pengolahan basah dan kering dari bahan baku ubi kayu. Padukuhan yang ada di Desa Caturtunggal dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) telah menghasilkan beberapa produk olahan pertanian, pelatihan pengolahan ubi kayu ini dapat menjadikan alternatif produk. Apalagi disetiap kegiatan yang ada di Desa Caturtunggal pasti memesan secara bergilir produk dari semua kWT yang ada di Desa Caturtunggal. 

Pada pelatihan selama dua hari ini dihasilkan beberapa produk, diantaranya cake marmer telo kukus, pudding singkong panggang, telo choco cookies, ice cream telo. Dan olahan kering dari ubi kayu seperti onde-onde telo, egg roll telo, casava flakes cookies, dan sisuke Thailand. 

Pada kesempatan tersebut, disampaikan bantuan operasional penunjang pengembangan produk sebegai tindak lanjut dari Pemerintah Desa Caturtunggal kepada peserta yang tergabung dalam KWT di Desa Caturtunggal.

"Harapannya melalui pengolahan hasil pertanian tanaman pangan, ubi kayu, ini dapat memberikan ilmu serta inovasi dalam pengembangan produk dari KWT, yang ada di Desa Caturtunggal", pungkas Aminudin Aziz.

Salam Caturtunggal, Lima Jadi Satu: MAJU !!!