Pemerintah Desa Caturtunggal Adakan MUSDES Khusus Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Berita Kalurahan Caturtunggal
img
img
admin 02 Mei 2020

Pemerintah Desa Caturtunggal Adakan MUSDES Khusus Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Caturtunggal.id- Bertempat di Pendopo Kantor Desa Caturtunggal, Pemerintah Desa Caturtunggal adakan Musdes khusus berkaitan dengan agenda penentuan penerima BLT-DD, Sabtu malam (02/05).

Musdes tersebut dihadiri oleh Penjabat Kepala Desa Caturtunggal, Ketua BPD, Perangkat dan Lembaga Desa, Dukuh se-Desa Caturtunggal, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Satgas Gugus Tugas Covid-19 Desa, serta tokoh masyarakat Desa.

Dalam Musdes ini, Pemerintah Desa Caturtunggal menyediakan data yang sudah ditapis melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan data hasil penjaringan warga miskin dan rentan miskin. Data calon penerima BLT-DD tersebut adalah warga miskin dan warga yang terdampak Covid-19 yang bukan merupakan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan BPNT Covid-19.

Penjabat Kepala Desa Caturtunggal, Munadi, S.Sos, menjelaskan kepada peserta Musdes mengenai ketentuan peraturan yang ada serta alokasi dana yang diatur dalam ketentuan peraturan. Ia juga menegaskan mengenai pencermatan data yang telah ada, yakni data DTKS dan hasil mitigasi ekonomi Satgas Gugus Tugas Covid-19 Desa Caturtunggal.

“Data calon penerima BLT-DD tersebut telah disandingkan dengan data-data penerima BST, BPNT, PKH, dan BPNT Covid-19, sehingga tidak tumpang tindih dan mekanisme penentuan penerima BLT-DD sesuai peraturan yang ada. Melalui Padukuhan data tersebut juga telah dilakukan verifikasi lanjutan dengan melihat serta terjun langsung memastikan calon penerima memang sesuai dengan kriteria penerima BLT-DD”, Ia menjelaskan.

Salam Caturtunggal, Lima Jadi Satu: MAJU !!!