Penjabat Kepala Desa Caturtunggal Serahkan Akta Kematian Program Lukadesi Kepada Ahli Waris Almarhum H. Wakidjan Di Kuningan Padukuhan Karangmalang

Berita Kalurahan Caturtunggal
img
img
admin 20 Mei 2020

Penjabat Kepala Desa Caturtunggal Serahkan Akta Kematian Program Lukadesi Kepada Ahli Waris Almarhum H. Wakidjan Di Kuningan Padukuhan Karangmalang

Caturtunggal.id- Terhitung sejak tanggal 8 Agustus 2018 sampai dengan 20 Mei 2020, Desa Caturtunggal telah melayani akta kematian melalui program Keluarga Berduka Desa Siaga (LUKADESI) sebanyak 518 permohonan.

Pemerintah Desa Caturtunggal melalui Penjabat Kepala Desa Caturtunggal menyerahkan akta kematian pada Rabu, 20 Mei 2020, kepada perwakilan ahli waris dari Bapak H. Wakidjan, tokoh masyarakat desa Caturtunggal di Kuningan Padukuhan Karangmalang. 

"Kami atas nama Pemerintah Desa Caturtunggal mengucapkan duka cita mendalam atas berpulangnya Bapak H. Wakidjan yang merupakan ayahanda dari Bapak Agus Santoso, S.Psi. Semoga almarhum husnul khatimah, serta keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan kesabaran oleh ALLAH SWT", ucap Munadi.

Dalam rangka mendukung peningkatan kesadaran tertib administrasi kependudukan, Pemerintah Desa Caturtunggal mulai tahun 2018 melakukan inovasi melalui kerjasama dengan Disdukcapil kabupaten Sleman untuk program Keluarga Duka Desa Siaga (Lukadesi) yang berkaitan dengan peristiwa kematian.

Dalam program ini, data kematian akan dioptimalkan lewat integrasi data secara berjenjang antara dinas dan desa. Desa Caturtunggal secara langsung melakukan input data mengenai informasi kematian, atau membuat surat keterangan kematian melalui petugas yang telah ditunjuk oleh Kepala Desa.

Jika ada peristiwa kematian, petugas akan langsung meng-input data kematian dan petugas dari Desa akan menangani registrasi sehingga proses pembuatan akta bisa segera dilakukan melalui mekanisme yang ada. Akta kematian diserahkan kepada ahli waris pada saat prosesi pemberangkatan jenazah.

Selain sebagai upaya mendukung kesadaran tertib administrasi, program Lukadesi ini juga merupakan bukti nyata pelayanan prima dan bentuk empati serta dukungan moriil dari Pemerintah Desa Caturtunggal kepada warganya yang sedang berduka.

Salam Caturtunggal.. LIMA JADI SATU: MAJU !!!