Penjabat kepala Desa Caturtunggal Hadiri Panen Bersama KWT Srikandi Mrican

Berita Desa Caturtunggal
img
img
admin 17 Juli 2020

Penjabat kepala Desa Caturtunggal Hadiri Panen Bersama KWT Srikandi Mrican

Caturtunggal.id- Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi Padukuhan Mrican dalam beberapa tahun ini serius untuk mengembangkan metode demonstrasin plot (demplot) sebagai upaya untuk melakukan penyuluhan yang berkaitan dengan pemanfaatn lahan dan teknologi dalam alternatif budidaya tanaman, baik itu buah maupun sayur.

Jumat (17/07), bertempat di lahan Demplot KWT Srikandi Padukuhan Mrican digelar panen bersama yang dihadiri oleh penjabbat Kepala Desa Caturtunggal, Munadi, S.Sos, Kasi Ekobang Kecamatan Depok, Kasi Kesejahteraan Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Caturtunggal, PPL Pertanian Kecamatan Depok, dan tokoh masyarakat Padukuhan Mrican. 

Panen bersama tersebut berjalan dengan lancar dan hasil pertanian sayuran, seperti terong, pare, serta bermacam sayuran dan buah yang ada di Demplot KWT Srikandi Mrican.

Dalam kesempatan tersebut, Munadi, S.Sos, menyampaikan panen bersama ini sebagai upaya penyuluhan kepada petani maupun kelompok wanita tani untuk mencoba teknologi tanaman budidaya. Kegiatan panen bersama ini juga diharapkan dapat memotivasi warga untuk melakukan budidaya tanaman dengan teknologi dan lahan sempit.

Ia menambahkan harapan penggunaan metode ini (red:demplot) adalah agar apa yang disuluhkannya oleh Dukuh bersama Pemerintah Desa serta PPL Pertanian Kecamatan Depok dapat diterima dan mau diterapkan oleh warga sasaran. Apalagi penyuluh telah menggunakan metode yang tepat dalam penyampaian materi penyuluhan kepada sasaran.

Dukuh Mrican, Sumarji, menegaskan demplot merupakan salah satu bagian dari metode penyuluhan pertanian yang menjadi cara bagi penyuluh dalam menyampaikan materi penyuluhan pertanian kepada petani dan keluarganya.

Lebih lanjut, Munadi, S.Sos, menyampaikan dukungan dari Pemerintah Desa Caturtunggal kepada petani maupun warga dan menjalin kemitraan dengan pihak terkait untuk pengembangan Demplot KWT Srikandi Mrican sebagai wahana praktek dalaman penyuluhan budidaya pertanian.

Salam Caturtunggal.. Lima Jadi Satu, MAJU !!!