Peringati HUT Ke-75 RI, Karangtaruna Janti Gelar Gowes Bareng Dengan Tajuk Semangat Kemerdekaan Untuk Nyawiji Lawan Covid-19

Berita Desa Caturtunggal
img
img
admin 24 Agustus 2020

Peringati HUT Ke-75 RI, Karangtaruna Janti Gelar Gowes Bareng Dengan Tajuk Semangat Kemerdekaan Untuk Nyawiji Lawan Covid-19

Caturtunggal.id- Dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia, Karang taruna Padukuhan Janti menggelar gowes bertajuk “nyawiji”, Minggu pagi (23/08).

Mengambil start dari bawah Fly Over Janti, gowes nyawiji ini melewati beberapa rute syahdu seperti Candi Sambisari, Stadion Maguwoharjo, Jalan Seturan, Jalan Kledokan sampai Rumah Dukuh Janti. Acara yang diikuti lebih dari 80 peserta yang sebagian besar merupakan pemuda/i Padukuhan Janti tersebut dilaksanakan seusai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Setelah sebelumnya pada tanggal 21-22 Agustus 2020 diadakan Janti Badminton Cup yang dimenangkan oleh RT. 06, acara gowes nyawiji ini merupakan rangkaian acara semangat pemuda Janti dalam memaknai kemerdekaan dengan aktifitas posistif.

Dewasa ini, apalagi setelah Covid-19 merebak di Indonesia, Pemerintah lebih giat lagi dalam mensosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Dengan kegiatan ini, kami ingin mengajak seluruh warga Padukuhan, khususnya pemuda untuk hidup sehat melalui aktfitas ringan seperti bersepeda”, ungkap Andika, salah satu anggota Karangtaruna Janti yang berprofesi Dokter.

Dukuh Janti, Heri Sugiyarto, A.Md, menyampaikan bahwa rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia ini dilakukan secara secara sederhana namun bermakna. Mengingat masih dalam keadaan seperti ini (red:Pandemi Covid), segala macam aktifitas wajib dilakukan sesuai protokol kesehatan.

“Mengambil momentum semangat kemerdekaan, kegiatan Karangtaruna Padukuhan Janti ini merupakan bentuk kepedulian bersama dalam mencegah Covid-19 melalui olahraga yang ringan serta menerapkan perilaku hidup sehat”, ungkap Heri.

Lebih lanjut Ia mengajak seluruh warga Janti untuk mendukung GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Apalagi sepeda belakangan ini menjadi tren di Jogja dan Indonesia. Yang terpenting bukan sepedanya, melainkan sepedaannya. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi aktifitas rutin warga Padukuhan Janti, paling tidak seminggu sekali.

“Semoga pandemi segera berakhir dan kesehatan selalu menyertai kita semua”, pungkasnya.

MERDEKA !!!

Salam Caturtunggal, Lima Jadi Satu: MAJU !!!