Penjabat Kepala Desa Caturtunggal Sampaikan Bantuan Bibit Untuk Ketahanan Pangan di KWT se-Desa Caturtunggal

Berita Desa Caturtunggal
img
img
admin 08 Oktober 2020

Penjabat Kepala Desa Caturtunggal Sampaikan Bantuan Bibit Untuk Ketahanan Pangan di KWT se-Desa Caturtunggal

Caturtunggal.id- Dalam rangka mencapai ketahanan pangan lokal, Pemerintah Desa Caturtunggal melalui Penjabat Kepala Desa menyampaikan bantuan benih ikan lele, tanaman bawang merah beserta medianya kepada seluruh Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Caturtunggal, Kamis pagi (08/10). 

Selain pemberian bantuan, pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelatihan pemeliharaan pekarangan dan pembuatan pupuk organik dengan narasumber Saiful Hadi, SP, M.Ling, yang juga koordinator PPL Kecamatan Depok. Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan anggota KWT pada tiap Padukuhan yang memiliki KWT. 

Kegiatan yang dilakukan di Demplot KRPL Srikandi Mrican dan dilakukan dengan standar protokol kesehatan tersebut dihadiri perwakilan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DIY, perwakilan Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Sleman, Kepala UPTD BP4 Wilayah VII, Panewu Depok, Penjabat Kepala Desa Caturtunggal berserta perangkat, serta seluruh anggota KWT yang ada di Desa Caturtunggal.

Penjabat Kepala Desa Caturtunggal, Munadi, S.Sos, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemberian bantuan kepada seluruh KWT yang ada di Caturtunggal ini merupakan upaya pembinaan serta komitmen dari Pemerintah Desa Caturtunggal dalam mewujudkan ketahanan pangan.

“Dengan adanya Kelompok Wanita Tani ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat sekitar guna memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Meskipun dengan lahan sempit mengingat Desa Caturtunggal merupakan kawasan trans-sosial , Padukuhan Mrican dapat mengaplikasikan model demplot sebagai basis penguatan KWT. Bahkan tahun ini (red:24/09), KWT Srikandi Mrican tersebut berhasil menyabet juara V Nasional dalam lomba KRPL yang digelar oleh Kementerian Pertanian RI,” jelasnya.

Penyerahan bantuan paket peternakan lele dan bibit tanaman tersebut dilakukan secara simbolis dan bergantian oleh Perwakilan dari Dinas terkait, Panewu Depok, Penjabat Kepala Desa Caturtunggal. Berikut KWT yang ada di Desa Caturtunggal: KWT Juwita Ngentak, KWT Rejosari Kledokan, KWT Sekar Kemuning Tempel, KWT Jasmine Nologaten, KWT Ambar Kinasih Ambarukmo, KWT Lestari Gowok, KWT Srikandi Mrican, KWT Tunas Mekar Karangwuni, KWT Mekar Sari Sagan, KWT Kuncup Mekar Karangwuni, KWT Mutiara Kulang Karangmalang, KWT Tuwuh Makmur Santren, KWT Mekar Janti, KWT Pandansari Blimbingsari.

Khusus untuk Padukuhan Tempel, dikarenakan Covid-19 beberapa bantuan batal, yang kemudian oleh Pemerintah Desa Caturtunggal diberikan bantuan benih bawang merah agar budidaya bawang merah dapat terus berjalan. 
“Harapannya untuk Padukuhan yang belum memiliki KWT segera menyusul Padukuhan lainnya guna memberdayakan masyarakat dengan basis KWT", Munadi menambahkan.

Pembangunan fisik yang sudah baik, pastinya juga diimbangi pembangunan non fisik sehingga keduanya dapat berjalan beriringan menuju masyarakat Desa Caturtunggal yang lebih mandiri dan sejahtera,” pungkasnya.

Salam Caturtunggal, Lima Jadi Satu: MAJU !!!