Pemerintah Desa Caturtunggal Gelar Musrenbangdes Bahas Penyusunan RKPDes Tahun 2021

Berita Kalurahan Caturtunggal
img
img
admin 10 Oktober 2020

Pemerintah Desa Caturtunggal Gelar Musrenbangdes Bahas Penyusunan RKPDes Tahun 2021

Caturtunggal.id - Pemerintah Desa Caturtunggal, Kapenawon Depok, Kabupaten Sleman, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2020 dalam rangka untuk penyusunan RKPDes Tahun 2021 di Pendopo Puspadenta Kantor Desa Caturtunggal, Jum’at malam (09/10).

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Depok, Isti Fajaroh, SP, Ketua BPD Desa, Ketua TP-PKK Desa, Ketua LPMD beserta KK-LPMD, Ketua BKM Desa, perwakilan perempuan, Karangtaruna Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa, serta tokoh agama, dan tokoh masyarakat Desa Caturtunggal.

Penjabat Kepala Desa Caturtunggal, Munadi, S.Sos, menyampaikan bahwa Musrenbangdes dilaksanakan dalam rangka untuk menyusun rencana program di bidang pembangunan pada tahun 2020, baik fisik maupun non fisik. Ia juga menambahkan tanggap darurat bencana (red:penanggulangan Covid-19) pada tahun 2021 masih tetap menjadi prioritas Desa.

"Tujuan dari Musrenbangdes ini untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di 20 Padukuhan yang berada diwilayah Desa Caturtunggal", jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Pemerintah Desa, melalui Kasi Pelayanan dan Kasi Kesejehteraan dalam hal ini menyampaikan mengenai hasil dari verifikasi program-program fisik dan nonfisik yang telah dirumuskan ketika Musdes. Melalui mekanisme yang ada, kegiatan musrenbangdes ini berjalan dengan lancar.

Kasi Pelayanan Desa Caturtunggal, Kirwanto, pada saat menjabarkan program kegiatan prioritas usulan Padukuhan yang telah diverifikasi oleh tim, dan pada musyawarah disepakati akan menitikberatkan pada bidang kesehatan dan pendidikan. Seperti pembinaan posyandu balita dan lansia, bantuan kesejahteraan PAUD, pencegahan stunting, dan lain-lain. Pada tahun 2021 sub bidang pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan keluarga juga tetap akan difokuskan. Selain itu, dalam bidang kebudayaan juga akan dilakukakan pembinaan kelompok hadrah, pembinaan kelompok shalawatan, kesenian religi, dan Merti Dusun.  

Sementara itu dalam bidang pembangunan fisik, Plt Kasi Kesejahteraan Desa Caturtunggal, Andi Suwarno, S.IP,  menjabarkan beberapa usulan masyarakat ketika Musdes dan telah diverifikasi. Dari hasil musyawarah pembangunan tersebut disepakati beberapa program prioritas seperti pengaspalan jalan, talud, paving block, SPAH, drainase, dan lain-lain.

Kepala Jawatan Kapanewon Depok, Isti Fajaroh, menyampaikan kegiatan musrenbangdes ini merupakan forum musyawarah tahunan untuk mendapat masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Desa Caturtunggal. Ia berharap usulan dalam musrenbangdes ini dapat dijalankan dengan baik dan bisa membawa kemajuan yang lebih pesat lagi bagi Desa Caturtunggal.

Salam Caturtunggal. LIMA JADI SATU: MAJU !!!