Kampung Tangguh Nusantara Dicanangkan di Kalurahan Caturtunggal

Berita Desa Caturtunggal
img
img
admin 03 Desember 2020

Kampung Tangguh Nusantara Dicanangkan di Kalurahan Caturtunggal

Caturtunggal.id- Guna mendukung program terkait ketahanan pangan, TNI-POLRI dan Pemerintah Kalurahan Caturtunggal beserta Kapanewon Depok mencanangkan Kampung Tangguh Nusantara di kawasan ekowisata Nologaten, Kamis (03/12).

Kampung tangguh memiliki beberapa aspek, meliputi tangguh secara keamanan, tangguh secara kesehatan, tangguh secara pendidikan, tangguh secara ekonomi, tangguh secara informasi dan kreatifitas.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kasat Binmas Polres Sleman, Panewu Depok, Danramil XI Depok, Kapolsek Depok Raya, Pj. Lurah Caturtunggal beserta pamong, Ketua BPKal, Babinsa-Bhabinkamtibmas Caturtunggal, tokoh masyarakat, dan masyarakat setempat tersebut dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan.

Panewu Depok, Abubakar, S.Sos, M.Si, dalam sambutannya menjelaskan bahwa pencanangan kampung tangguh ini sebagai upaya serta apresiasi dari Pemerintah atas apa yang telah diupayakan masyarakat dalam mencegah dan tangguh dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Warga harus tangguh secara jasmani dan rohani dimana harus selalu dispilin dalam penerapan protokol kesehatan.

Acara pencanangan kampung tangguh tersebut dilakukan secara seremonial dengan pemukulan kentongan oleh Panewu Depok. Dan dilanjutkan dengan tabur benih ikan di sungai kawasan ekowisata Nologaten.

“Dalam pencanangan Kampung Tangguh ini, saya berharap semuanya dapat terpantau serta menimbulkan semangat optimisme sehingga dampak dari pandemi Covid-19 ini dapat kita atasi bersama”, jelasnya.

Selain di ekowisata Nologaten, akan dilakukan sambang ke beberapa Padukuhan seperti Mrican, Santren, dan Manggung. Di Nologaten selain terpusat di kawasan ekowisata, juga akan meninjau pos ronda, ruang baca, posyandu, dan tempat membatik.

Di Padukuhan Mrican selain mengunjungi KWT Srikandi sebagai produk unggulan, juga akan dilakukan pemantauan pada pos keamanan Mrican, Yandu Lansia di Balai RW, serta kebun RW.05 sampai Balai PAUD.

Kemudian di Padukuhan Santren akan menyambangi TK Tunas Harapan, KWT Tuwuh Makmur Santren,  pos keamanan, dan posyandu. Padukuhan Manggung akan dilakukan kunjungan ke kebun cabe, tanaman pisang, pos ronda, dan PAUD.

Sementara itu, Pj. Lurah Caturtunggal, Munadi, S.Sos, menyampaikan beberapa Padukuhan yang menjadi tempat untuk kunjungan merupakan sample dari kriteria kampung tangguh. Ia menegaskan bahwa setiap Padukuhan di wilayah Kalurahan Caturtunggal memiliki potensi-potensi/kriteria sebagai Kampung Tangguh sehingga harapannya inovasi serta kreatifitas dapat terus digali dan dikembangkan guna meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Caturtunggal.

Ia juga menyampaikan bahwa selama pandemi ini, Pemerintahan Kalurahan Caturtunggal telah berupaya sebaik mungkin melalui pemberian bantuan pangan, BLT-DD, dll, sampai dengan kegiatan pencegahan dan sosialisasi guna meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Mari bersama kita sukseskan Kampung Tangguh Nasional ini, karena ide serta gagasan tersebut harapannya memberikan dampak positif guna menumbuhkan kegotongroyongan di masyarakat”, pungkasnya.

Salam Caturtunggal, LIMA JADI SATU: MAJU !!!