Musyawarah Kalurahan Penyusunan RPJMKal Caturtunggal Tahun 2021-2026

Berita Desa Caturtunggal
img
img
admin 07 April 2021

Musyawarah Kalurahan Penyusunan RPJMKal Caturtunggal Tahun 2021-2026

Caturtunggal.id- Badan Permusyawaratan Kalurahan Caturtunggal menggelar Musyawarah Kalurahan (Muskal) membahas penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kalurahan (RPJMKal) tahun 2021 – 2026, Rabu malam (7/21).

Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Puspadenta Kantor Kalurahan Caturtunggal tersebut dihadiri oleh Kepala Jawatan Praja Kapanewon Depok, Munadi, S.Sos, Lurah Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, Ketua BPKal Caturtunggal, Ketua TP-PKK Kalurahan, Dukuh, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat, serta Karangtaruna.

Agenda tunggal dalam Muskal ini adalah untuk membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Kalurahan tentang RPJMKal Tahun 2021-2026 sesudah musyawarah ditingkat Padukuhan yang ada di Caturtunggal.

Lurah Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, menyampaikan bahwa keberadaan RPJMKal merupakan dokumen yang penting sebagai dasar arah pembangunan Kalurahan selama enam tahun kedepan.

“Susunan RPJMkal tersebut tertuang dan sesuai dengan Visi-Misi Lurah terpilih dibidang penyelenggaraan pemerintahan, bidang pelaksanaan pembangunan, bidang pembinaan kemasyarakatan, bidang pemberdayaan masyarakat, dan bidang bencana kedaruratan”, jelasnya

 “Tujuan dari Muskal penyusunan RPJMKal ini untuk mewujudkan pemerataan pembangunan fisik dan non fisik di semua Padukuhan yang ada di Kalurahan Caturtunggal selama enam tahun kedepan”, jelas Agus Santoso.

Dalam kesempatan tersebut Pemerintah Kalurahan, melalui Kamituwo dan Ulu-ulu dalam hal ini menyampaikan mengenai hasil dari usulan penjaringan program-program fisik dan nonfisik yang telah dirumuskan ketika Muskal. Melalui mekanisme yang ada, kegiatan muskal tersebut berjalan dengan lancar.

Kamituwo Caturtunggal, Kirwanto, pada saat menjabarkan program usulan Padukuhan yang telah dijaring dan diverifikasi oleh tim, dan pada musyawarah disepakati akan menitikberatkan pada bidang kesehatan, pendidikan, agama, dan seni budaya. Seperti pembinaan posyandu balita dan lansia, bantuan kesejahteraan PAUD, pencegahan stunting, dan lain-lain. Pada usulan RPJMKal tahun 2021-2026 sub bidang pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan keluarga juga tetap akan difokuskan. Selain itu, dalam bidang kebudayaan juga akan dilakukakan pembinaan kelompok hadrah, pembinaan kelompok shalawatan, kesenian religi, dan Merti Dusun.  

Sementara itu dalam bidang pembangunan fisik, Ulu-ulu Caturtunggal, Andi Suwarno, S.IP,  menjabarkan beberapa usulan masyarakat ketika Musduk dan telah diverifikasi. Dari hasil musyawarah pembangunan tersebut disepakati beberapa program prioritas seperti pengaspalan jalan, talud, paving block, SPAH, drainase, pembangunan/pemeliharaan Gedung/Balai Padukuhan dan lain-lain.

Pada kesimpulan akhir Rancangan Peraturan Kalurahan Caturtunggal Tahun 2021-2026 disepakati secara mufakat oleh seluruh peserta yang selanjutnya rancangan tersebut akan ditetapkan menjadi Peraturan Kalurahan tentang RPJMKal Tahun 2021-2026.

Kepala Jawatan Praja Kapanewon Depok, Munadi, S.Sos menyampaikan bahwa visi-misi Lurah sangat bagus dan Ia berharap semua pihak dapat bekerjasama sehingga tercapainya Caturtunggal yang semakin maju dan sejahtera.

Salam Caturtunggal. LIMA JADI SATU: MAJU !!!