Irigasi Kunci Peningkatan Produksi Pangan

Berita Kalurahan Caturtunggal
img
img
admin 10 April 2021

Irigasi Kunci Peningkatan Produksi Pangan

Caturtunggal – Penyediaan air irigasi bagi petani menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan pertanian dan perikanan. Terjaminnya penyediaan air irigasi ini bisa diupayakan melalui peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

Karno Anggoro, Ketua P3A Mekarsari menegaskan betapa perlunya melakukan upaya penguatan atau pemberdayaan kelembagaan petani pemakai air sebagai ujung tombak dalam peningkatan produksi pangan.”P3A mengelola atau memelihara jaringan irigasi tersier dan mencari solusi secara lebih mandiri terhadap persoalan-persoalan menyangkut air irigasi yang muncul di tingkat usaha tani,” jelas Karno saat rapat rutin P3A Mekarsari di Padukuhan Janti, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Jumat (9/4/2021).

Hadir dalam rapat tersebut, Ulu-ulu Kalurahan Caturtunggal, Andi Suwarno menyampaikan bahwa Pemerintah Kalurahan Caturtunggal siap untuk melakukan fasilitasi dan pendampingan kepada kelompok P3A Mekar Sari DI Pulodadi. “Selama ini pendampingan dan perhatian dari Kalurahan Caturtunggal, selain dengan pembinaan juga dengan rehabilitasi. Pada tahun 2018 lalu dilakukan kerjabakti bersama Lurah Caturtunggal dan P3A Mekarsari dalam pengecekan jaringan irigasi DI Pulodadi yang meliputi Puluhdadi, Kledokan, Janti, sampai Jeruk Legi Banguntapan. Juga dilakukan rehabilitasi jaringan tersier, misalnya di Janti, Gowok, dan Ambarukmo pada tahun 2020 lalu,” terang Andi Suwarno.

Berbagai usulan, saran, dan masukan mengalir dalam rapat ini yang harapannya dapat segera ditindaklanjuti bersama guna meningkatkan produktifitas petani setempat. Termasuk rencana penerbitan SK dan pengukuhan struktur kepengurusan yang baru kelompok P3A Mekar Sari yang pada tahun 2021 mengikuti perubahan nomenklatur Kalurahan serta pergantian unsur pimpinan Ulu-ulu.

Di Kalurahan Caturtunggal saat ini terdapat 3 Daerah Irigasi (DI) yang meliputi DI Pulodadi, DI Nologaten, DI Ngebruk dan DI Glendongan. Pengecekan jaringan irigasi akan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Dan Energi Sumber Daya Mineral DIY pada Agustus mendatang dan rencana pembangunan juga oleh dinas terkait. (Danang/KIM Depok)