Kalurahan Caturtunggal Gelar Musrenbangkal Bahas Penyusunan RKPKal Tahun 2022

Berita Kalurahan Caturtunggal
img
img
admin 20 September 2021

Kalurahan Caturtunggal Gelar Musrenbangkal Bahas Penyusunan RKPKal Tahun 2022

Depok – Pemerintah Kalurahan Caturtunggal, Depok, Sleman, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Kalurahan (Musrenbangkal) Tahun 2021 dalam rangka penyusunan RKPKal Tahun 2022 di Pendopo Puspadenta Kantor Kalurahan Caturtunggal, Senin (20/09) malam.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Depok, Isti Fajaroh, Ketua BPKal Caturtunggal, Ketua TP-PKK, Ketua LPM beserta Sub Unit LPM, Karangtaruna Kalurahan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa, serta tokoh agama, dan tokoh masyarakat Kalurahan Caturtunggal.

Lurah Caturtunggal, Agus Santoso, menyampaikan bahwa Musrenbangkal dilaksanakan dalam rangka untuk menyusun rencana program di bidang pembangunan pada tahun 2022, baik fisik maupun nonfisik.

Ia juga menambahkan program kerja pembangunan Kalurahan diupayakan berbasis recovery pemulihan dampak pandemi (red: penanggulangan Covid-19) pada tahun 2022.

“Tujuan dari Musrenbangkal ini untuk mewujudkan pemerataan pembangunan fisik dan nonfisik di 20 Padukuhan yang ada diwilayah Kalurahan Caturtunggal,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Carik Caturtunggal, Aminudin Aziz, menyampaikan mengenai hasil dari verifikasi program-program fisik dan nonfisik yang telah dirumuskan.

Lebih lanjut, ia juga menjabarkan program kegiatan prioritas usulan padukuhan yang telah diverifikasi oleh tim, dan pada musyawarah disepakati akan menitikberatkan pada bidang kesehatan dan pendidikan.

Beberapa di antaranya seperti pembinaan posyandu balita dan lansia, bantuan kesejahteraan PAUD, pencegahan stunting, dan lain sebagainya. Pada tahun 2022 sub bidang pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan keluarga juga tetap akan difokuskan.

Selain itu, dalam bidang kebudayaan juga akan dilakukakan pembinaan kelompok hadrah, pembinaan kelompok shalawatan, kesenian religi, dan Merti Dusun.  

Sementara itu dalam bidang pembangunan fisik, ia juga menjabarkan beberapa usulan masyarakat ketika muskal dan telah diverifikasi. Dari hasil musyawarah pembangunan tersebut disepakati beberapa program prioritas seperti pengaspalan jalan, talud, paving block, SPAH, drainase, dan lain sebagainya.

Kepala Jawatan Kapanewon Depok, Isti Fajaroh, menyampaikan bahwa kegiatan musrenbangkal ini merupakan forum musyawarah tahunan untuk mendapat masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kalurahan Caturtunggal. Ia berharap usulan dalam musrenbangkal ini dapat dijalankan dengan baik dan bisa membawa kemajuan yang lebih pesat lagi bagi Kalurahan Caturtunggal. (Danang/KIM Depok)