Dinsos Sleman Gelar Pelatihan Batik Ecoprint Bagi Penyandang Disabilitas di Kalurahan Caturtunggal

Berita Kalurahan Caturtunggal
img
img
admin 27 September 2021

Dinsos Sleman Gelar Pelatihan Batik Ecoprint Bagi Penyandang Disabilitas di Kalurahan Caturtunggal

Depok – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sleman bersama Pemerintah Kalurahan Caturtunggal menggelar pelatihan batik ecoprint untuk warga penyandang disabilitas di Balai Padukuhan Karangmalang, Caturtunggal, Depok, Sleman pada Senin (27/9/2021).

Pelatihan tersebut rencananya akan berlangsung selama empat hari, dari 27 sampai 30 September dengan materi dasar batik ecoprint sampai praktek media kain pada tas, kaos, syal, dan taplak.

Kamituwa Caturtunggal, Kirwanto, menyampaikan sepuluh warga penyandang disabilitas se-Caturtunggal tersebut terlihat bersemangat dalam mengikuti pelatihan tersebut.

“Belajar batik itu tidak cukup sekali dua kali, harus berkelanjutan sehingga nantinya dapat menjadi bekal serta potensi dalam berwirausaha,” ujarnya.

“Batik ecoprint harapannya mendukung keberlangsungan dari teman-teman disabilitas untuk terus berkarya dan berkreasi. Teknik ecoprint ini tidak mengeluarkan limbah apapun, karena batik ini dari bahan-bahan alami,” ujar Sri Wahyuni, koordinator pelatihan dari Dinsos Sleman.

Lurah Caturtunggal, Agus Santoso, mengapresiasi adanya pelatihan yang difasilitasi oleh Dinsos Sleman ini terhadap warga penyandang disabilitas dan ke depannya diharapkan mendapat pendampingan lebih lanjut.

“Semoga pelatihan dalam tiga hari mendatang berjalan lancar dan menjadi bekal potensi wirausaha bagi warga penyandang disabilitas yang ada di Caturtunggal,” pungkasnya. (Danang/KIM Depok)