Kalurahan Caturtunggal Jemput Bola Perekaman KTP-el bagi Difabel dan Lansia

Berita Kalurahan Caturtunggal
img
img
admin 20 Oktober 2021

Kalurahan Caturtunggal Jemput Bola Perekaman KTP-el bagi Difabel dan Lansia

Pemerintah Kalurahan Caturtunggal bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman melaksanakan kegiatan Jemput Bola perekaman KTP-el pada Selasa (19/10/2021).

Kegiatan jemput bola dilaksanakan dalam rangka mendukung Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) serta membantu penduduk lansia dan penyandang disabilitas dalam mendapatkan dokumen identitas penduduk (KTP-el).

Didampingi oleh Dukuh beserta pamong, petugas dari Disdukcapil Sleman, Fajar dan Douglas melakukan perekaman data penduduk kepada 12 warga penyandang disabilitas dan lansia di tujuh Padukuhan yang ada di Kalurahan Caturtunggal.

Ketujuh padukuhan tersebut meliputi Padukuhan Tempel, Ambarukmo, Papringan, Mrican, Santren, Karangwuni, dan Blimbingsari. Perekaman data kependudukan dengan metode jemput bola itu diperuntukan bagi warga yang belum memiliki KTP-el dan tidak mampu untuk datang langsung ke kapanewon maupun Disdukcapil Sleman.

Pada pelaksanaannya, kegiatan jemput bola perekaman KTP-el tersebut berjalan dengan lancar, walaupun pada beberapa proses perekaman memerlukan waktu yang relatif tidak sebentar.

“Beberapa bulan lalu, telah kami lakukan pendataan warga penyandang disabiltas dan lansia yang memiliki kendala akses mobilitas untuk melakukan perekaman KTP-el melalui Dukuh,” ungkap Bambang Harjati, Kepala Urusan Tata Laksana Kalurahan Caturtunggal.

Kegiatan jemput bola untuk warga penyandang disabilitas dan lansia tersebut nantinya akan dilakukan secara rutin dan berkala, bekerja sama dengan Disdukcapil Sleman.

“Harapannya semua pendudukan yang ada di Kalurahan Caturtunggal dapat memiliki dokumen kependudukan,” pungkasnya. (Danang/KIM Caturtunggal Depok)