Pelayanan Jemput Bola KTP Elektronik Untuk Pemula Di Caturtunggal

Berita Kalurahan Caturtunggal
img
img
oktaviana 27 Desember 2023

Pelayanan Jemput Bola KTP Elektronik Untuk Pemula Di Caturtunggal

Pendopo Puspadenta- Pada Rabu (27/12), Kalurahan Caturtunggal bersama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan pelayanan jemput bola untuk perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) bagi pemula yaitu penduduk yang sudah berusia 17 tahun atau akan 17 tahun sebelum 14 Februari 2024.

Dari hasil rekapitusasi yang terdapat di DP4 sebanyak 4.587 pemilih pemula yang berdomisili di Kabupaten Sleman belum melakukan rekam KTP-El. Untuk mengatasi ini Dukcapil Sleman memfasilitasi beberapa kapanewon dengan jumlah terbanyak pemilih pemula yang belum rekam KTP-El, dengan menyediakan jemput bola perekaman di Kalurahan.

Bertempat di Pendopo Puspadenta Kantor Caturtunggal kegiatan yang dilaksanakan pada hari libur sekolah ini bertujuan untuk memastikan partisipasi maksimal dari pemilih pemula. Hingga pukul 12 siang tercatat sebanyak 44 pemohon KTP pemula hadir dari 20 padukuhan yang ada di caturtunggal.

Pelaksana Tugas Lurah (Plt Lurah), Aminudin Aziz, S. Si menyampaikan pentingnya perekaman KTP elektronik bagi pemilih pemula, terutama dalam persiapan menjelang pemilu 2024.

“KTP akan menjadi identitas resmi yang memungkinkan pemilih untuk memberikan suara dan turut serta dalam menentukan masa depan negara, menjadi bagian yang berpengaruh dalam menentukan arah dan kebijakan negara melalui hak suara mereka di pemilu 2024”, ungkap Aminudin.

Harapannya, melalui kegiatan ini seluruh masyarakat khususnya di Caturtunggal dapat berpartisipasi penuh dalam kegiatan demokrasi, sehingga suara mereka dapat diwakili secara kuat dan adil dalam pemilu mendatang. (oktaviana)